Monday, May 21, 2018

Cara Daftar ke Bing Webmaster Agar Blog Anda Populer di Mesin Pencari




Bing adalah search engine milik raksasa Microsoft dan belakangan berkolaborasi dengan Yahoo. Terlepas dari akuisisi Verizon baru-baru ini terhadap Yahoo yang mungkin berpengaruh (atau tidak berpengaruh) terhadap kolaborasi Bing-Yahoo, mendaftarkan blog ke Bing pastilah tetap penting.

Karena sebetulnya -- ini yang sering tidak disadari -- interaksi antar mesin pencari dalam proses indeksasi kontent web berlangsung sangat intens.

Tanpa perlu berpanjang lebar, mari ikuti langkah-langkah mendaftarkan blog ke Bing Webmaster Tool berikut ini:

1. Syarat pertama untuk mendaftarkan blog ke Bing Webmaster adalah Anda harus memiliki salah satu alamat email dari microsoft (boleh hotmail atau outlook).

Jika belum, silahkan sekarang masuk ke http://www.bing.com/toolbox/webmaster. Pilih New to Webmaster? dan Sign Up (untuk yang sudah memiliki akun microsoft lanjut ke no.3)




2. Kemudian isi data lengkap pada form pembuatan akun microsoft, dan akhiri dengan klik "Create Account" di bagian bawah form.

3. Jika sudah berhasil memiliki akun email microsoft, sekarang lanjutkan dengan Sign In ke Bing Webmaster.


4. Selanjutnya anda akan masuk ke halaman pendaftaran bing seperti ini:


5. Masukkan url blog pada kotak yang disediakan (no.1 gambar di atas) dan tekan ADD (no.2 pada gambar).

6. Selanjutnya masukkan data-data profil blog atau situs Anda pada form input yang disediakan. Data-data tersebut antara lain berisi:
  • URL, yakni alamat url blog atau situs milik anda yang ingin didaftarkan.
  • Add a sitemap, isi dengan peta situs blog anda (untuk blog dengan platform blogspot, peta situs adalah url blog + sitemap.xml, sehingga menjadi seperti ini: nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml)
  • Untuk pertanyaan When do you receive the most traffic to this site for your local time of the day? pilih saja All Day (default)
  • Untuk First Name dan Last Name, silahkan isi dengan nama depan dan nama belakang anda
  • Email, silahkan isi dengan alamat email hotmail atau outlook yang sudah dibuat (biasanya sudah terisi otomatis)
  • Job role, untuk pekerjaan ini sifatnya opsional, boleh diisi boleh juga tidak.
  • Company or Organization Name dan Company or Organization Size, silahkan isi dengan nama perusahaan anda, atau gunakan nama blog anda, atau apa saja.
  • Industry, pilih jenis perusahaan atau pilih yang sama dengan tema blog Anda (Opsional)
  • Contact phone, isi nomor handphone (Opsional)
  • City, diisi dengan nama kota tempat tinggal anda
  • State/Province dan Zip postalcode, diisi dengan nama provinsi dan kode pos.
  • Country region, diisi dengan nama negara.
  • Pilih centang pada kotak Im An Agency not site owner jika anda bukan pemilik situs (biarkan kosong jika anda adalah pemilik situs).
  • Pilihan lainnya biarkan saja seperti sedia kala, dan akhiri dengan tekan tombol SAVE.
7. Setelah SAVE, tahap berikutnya akan segera muncul halaman kode verifikasi Bing Webmaster Tool seperti gambar di bawah. Pilih Option-2 dan copy kode yang ada dalam kotak (warna merah dalam gambar).

8. Sekarang tinggalkan sementara halaman Bing Webmaster, namun biarkan tetap terbuka! Dan beralih buka Dashbor Blogger ==> pilih menu Template ==> Edit HTML.

9. Letakkan kode yang sudah dicopy tadi di bawah kode <head>. (untuk mencari kode <head> gunakan Ctrl + F. Kode <head> biasanya ada pada bagian atas halaman template blog).

Jika sudah, tekan SAVE dan TUNGGU hingga penyimpanan benar-benar rampung.

10. Sekarang saatnya kembali lagi ke halaman kode verifikasi Bing Webmaster Tool. Gulung layar hingga ke bawah dan tekan tombol VERIFY.

Sampai tahap ini berarti anda sudah sukses mendaftarkan blog ke bing webmastertool.

Tugas berikutnya adalah mensubmit peta situs blog ke bing webmaster. Ini perlu agar robot pencari bing dapat dengan mudah mengenali struktur url situs milik anda.

Caranya sebagai berikut:
  1. Setelah menekan tombol VERIFY pada tahapan ke-10 di atas, anda akan dibawa masuk ke halaman dashbor Bing. Perhatikan bilah menu di sisi kiri dan berturut-turut pilih Dashboard ==> Configure My Site ==> Sitemaps hingga halaman submit sitemap terbuka seperti gambar di bawah ini.
  2. Masukkan peta situs anda di kotak isian yang tersedia seperti no.1 gambar di atas (ingat, peta situs untuk blog platform blogspot adalah url blog + sitemap.xml, sehingga menjadi http://nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml). Jika sudah, akhiri dengan tekan tombol SUBMIT. Selesai!

No comments:

Post a Comment